Tentang Jengkol atau Petai

May152012

assalamualaikum sobat.

setelah kemarin posting manfaat dan kandungan dari tanaman lidah buaya.kali ini saya akan membahas tentang:
1. pengertian jengkol atau jering
2. manfaat jengkol atau jering bagi kesehatan
3. kandungan jering atau jengkol
4. Dampak buruk atau akibat makan jengkol atau jering

jengkol.jpg

pengertian jengkol atau jering
Jering atau jengkol (Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum) adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara.
Bijinya digemari di Malaysia, Thailand, dan Indonesia sebagai bahan pangan.
Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua.
Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap.
Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap.

manfaat jengkol atau jering

Jengkol diketahui dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung.
Tanaman jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air di suatu tempat.
Biji jengkol dapat dimakan segar ataupun diolah.
Olahan paling umum adalah di semur, dan dikenal oleh orang Sunda sebagai ati maung atau "hati macan".
Secara berkelakar orang juga menyebutnya sebagai "kancing levis" karena bentuknya yang bundar diasosiasikan dengan kancing pada jins Levi's. Bijinya lunak dan empuk.
Tekstur inilah yang membuatnya disukai.
Aromanya agak menyerupai petai tetapi lebih lemah.
Namun demikian tidak demikian bila sudah dibuang dari urin.
Selain disemur, biji jengkol juga dapat dibuat menjadi keripik seperti halnya emping dari melinjo, dengan cara ditumbuk/ digencet hingga pipih, dikeringkan dan digoreng dengan minyak panas.

beberapa manfaat jengkol atau jering

1.menurunkan tekanan darah
2.mencegah anemia
3.mencerdaskan otak & daya ingat
4.mengatasi sembelit
5.sebagai obat mabuk
6.mengatasi kekenyangan
7.mengatasi gatal karena nyamuk
8.mengatasi kegemukan
9.baik untuk syaraf otak
10.baik untuk pencernaaan.
11.memberhentikan orang yang rokok
12.aman bgi lambung

kandungan jengkol atau jering

Untuk zat besi, Jengkol mengandung 4,7 g per 100 g. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.
Gejala- gejala orang yang mengalami anemia defisiensi zat besi adalah kelelahan, lemah, pucat dan kurang bergairah, sakit kepala dan mudah marah, tidak mampu berkonsentrasi, serta rentan terhadap infeksi.
Penderita anemia kronis menunjukkan bentuk kuku seperti sendok dan rapuh, pecah-pecah pada sudut mulut, lidah sulit menelan.

akibat makan jengkol atau jering

Gangguan kesehatan.
Selain bau, jengkol dapat mengganggu kesehatan seseorang karena konsumsi jengkol berlebihan menyebabkan terjadinya penumpukan kristal di saluran urin, yang disebut "jengkolan".
Ini terjadi karena jengkol mengandung asam jengkolat yang tinggi dan sukar larut di air pada pH yang asam.
Konsumsi berlebihan akan menyebabkan terbentuknya kristal dan mengganggu urinasi. Risiko terkena jengkolan diketahui bervariasi pada setiap orang, dan dipengaruhi secara genetik dan oleh lingkungan.
bau sebenarnya dapat dikurangi dengan perendaman atau perebusan.
Bau pada waktu kencing dapat dikurangi apabila pembilasan dilakukan sebelum dan sesudah kencing dengan jumlah air yang cukup.

sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda dan kita semua.

wassalamualaikum wr.wb

kunjungi daftar artikel blog lindhip untuk mengetahui semua artikel lindhip.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

52 tanggapan untuk "Tentang Jengkol atau Petai"

Kumprunk pada 13:39, 15-Mei-12

bahaya buat ginjal

'kodells.mbim pada 13:40, 15-Mei-12

assalamualaikum. siang sob. kumplit penjelasannya. makasi sob.

Basten pada 13:45, 15-Mei-12

Info k_ren sob,smile jadi g berani makan banyak2 lagi nih,. .Hehehe.smile maklum, penggemar pete' & jengkol.biggrin

YUSUF™ pada 13:49, 15-Mei-12

Ane gak suka om. (titik) smile

ZIG (ZONA INTERNET GRETONGERZ) pada 13:51, 15-Mei-12

wah gx banyak2 ah makan jengkol nya mrgreen

Andrie Schiffer pada 13:51, 15-Mei-12

Gua gk suka makan yg entu sad

GANGKATES.NET pada 13:55, 15-Mei-12

nyimak smile , ditnggu folback + kunbal'a

Ikbal Sang Gretongers pada 14:14, 15-Mei-12

ASSALAMUALAIKUM WR WB
SELAMAT SIANG

Kunjungan siang sob
Maaf telat yah
!

Mantap banget nd nice buat posting.a sob
Suka engga suka tuh sama mmakkan tuh
razz mrgreen lol redface cry question biggrin smile confused 8)

Di tunggu yah kunjungan baliknya
http://ikbalrobiyana.mywapblog.com

Adankthea pada 14:23, 15-Mei-12

kunjgan siang gan ! Beuh mantap jengkolnya biggrin tks gan haha

Asazuke pada 14:29, 15-Mei-12

Koneksi lemot ijn absen aja genx biggrin

Ñu®©hölik™_Sip€ñjÈläjðh BLØG pada 14:44, 15-Mei-12

mt siang sobht...wahh jdi pengen cpet" mkan nih.. Hehe...mrgreen

Whendy pada 14:48, 15-Mei-12

hadirr.,Nyimak Aja Sob..
smile

Dopleek Hollow pada 14:56, 15-Mei-12

hoho yg penting mantap hipmrgreen

Surya Kunta pada 14:56, 15-Mei-12

banyak juga manfaatnya! biggrin

Iffay Burgerdoublecheese  pada 15:09, 15-Mei-12

maaf telat master... sad kereenn banget artikelnya... biggrin mohon kunjungan baliknya yah master... smile thanks...

By : http://iffayquiqleey.mywapblog.com

Cienugsienuqs™ pada 15:31, 15-Mei-12

baunya mantap tuh....

Mike Shinoda LP™ pada 16:00, 15-Mei-12

aku suka keduaduanya wkwkwk biggrin

jgn lupa brknjung jg sob biggrin

Mike Shinoda LP™ pada 16:01, 15-Mei-12

aku suka keduaduanya wkwkwk biggrin

jgn lupa brknjung jg sob biggrin

───◦●αģυş çāђyα ήυģгāђα●◦─── pada 16:10, 15-Mei-12

siplah pengetahuannya smile

andregalau pada 16:32, 15-Mei-12

ane gak suka mkan jengkok gan

Unxil pada 17:00, 15-Mei-12

Ternyata bnyak gunanya juga bro..

Raiz17 pada 17:17, 15-Mei-12

yg punya blog abis makan pete yah? bau mrgreen

Muhammad Yassin pada 17:25, 15-Mei-12

kunjungan sore sambil nyimak blognya..

java master™ pada 18:07, 15-Mei-12

maaf telat master ndip hehehe jangan lupa kunjungi
http://www.javamaster2.com
ok

Terang Bermakna ™ {SECURITY CHATROOM} pada 18:14, 15-Mei-12

Minyak mrgreen

Hadie pada 18:19, 15-Mei-12

nyimak gan mrgreen

jka ada wktu mampir di gubug ane ya 8)

Blogmwb pada 18:30, 15-Mei-12

met sore brotherz,,,,
nice info aja rolleyes

http://www.blogmwb.pun.bz/css-twitter-edited.xhtml

Andry Alberto pada 18:41, 15-Mei-12

kalo kebnyakan makan,mulut dan kentut jd bau wink

ZUGENX pada 18:48, 15-Mei-12

nice info sob, . . . .dah lama nich gax makan jengkol ma pete. .he. .he. .he .mrgreen

Teguh pada 19:55, 15-Mei-12

jengkol atau petai, daripada jengkel mending ke pantai.. biggrin Semur jengkol'a dah mateng lom gan, pengen nh.. mrgreen

♣¯JUÑDZ¯♣ pada 21:23, 15-Mei-12

waaah nyimak aja sob,gak suka 22 nyabiggrinsukses selalu !

Suryadi pada 21:32, 15-Mei-12

assalamualaikum sob & nyimak azsmile

Master pelawak pada 21:39, 15-Mei-12

Jengkol katanya juga biza ngerusak tulang,betul gk tuh sob?

Joenty Blog pada 22:09, 15-Mei-12

Bahaya di lambung nya sob.. Palagi yg punya sakit maag.

HackTube™ pada 22:20, 15-Mei-12

wah .. ane ketinggalan. sorry ndhip. biggrin info bagus ndhip..

SSB™ Administrator pada 00:03, 16-Mei-12

jengki oh jengki... Udeh lama gak makan neh makanan..
mrgreen

kenang pada 04:04, 16-Mei-12

Kunjungan pagi gan..Di tnggu kunbalnya bila ada waktu.. smile

Last Dream To Remind pada 08:18, 16-Mei-12

bisa buat bau bdan sob. ! biggrin

Taufik Hidayat pada 10:06, 16-Mei-12

jngn lupa bau nya jg gann......biggrin

Belajar Bisnis pada 14:08, 16-Mei-12

Menurut sumber yg ane dapet,, bwt ngilangin bau.a minum,, minuman yg bersoda biggrin

Bonhef pada 15:58, 16-Mei-12

Makanan fav ane tuch biggrin
thanx infonya. .jangan lp folbeknya sob masih ane tnggu smile

Teguh pada 16:50, 16-Mei-12

hadir gan, 8) kmrn semur jengkol'a ga sampe sin4 ea..? mrgreen

Teguh pada 16:51, 16-Mei-12

hadir gan, 8) kmrn semur jengkol'a ga sampe sini ea..? mrgreen

Yogi Wirawan pada 17:11, 16-Mei-12

banyak juga ya manfaatnya.. Untung ane doyan biggrin

«『DaviDHC™』» pada 18:17, 16-Mei-12

petai enak kang.kalau dikitwink

ZUGENX pada 18:57, 16-Mei-12

hadir lagi gan. . .

♠ Ckholis Nc ♠ pada 18:58, 16-Mei-12

Wah,, sorry sob ane jarang berkunjung,,neutral ane masih banyak kegiatan di dunia nyata nih,,smile terus berbagi hal" yg positif ya sob biggrin


#salam sukses

Rhyzhu pada 19:34, 16-Mei-12

hehe..nyimak aja sob...ntah ada efek apa mangfaatnya...penting ane doyan bagt pas musimnya...
Ditunggu kunbalnya.

Nauzsankala pada 20:59, 16-Mei-12

wow...
Mantapbiggrin

Slamet wahyudi pada 21:21, 16-Mei-12

waduh mantab nih infonya. Maaf telat gan

WarPen™ pada 21:40, 16-Mei-12

sangat bermanfa,at sob.. kunbal n flbeck ya..

Rara pada 05:17, 27-Mei-12

Hidup jengkol biggrin

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

 
Kembali ke Atas